Wuling Motor Bangun Pabrik Mobil di Bekasi dengan Investasi Rp 9 Triliun

Wuling Motor Bangun Pabrik Mobil di Bekasi dengan Investasi Rp 9 Triliun

Wuling Motor – Satu pemain baru dalam industri otomotif di Indonesia tiba. Ia adalah PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia atau biasa disebut Wuling Motor. Perusahaan ini menghasilkan mobil Wuling, satu merk mobil dari Tiongkok. Ini adalah investasi tiga perusahaan otomotif dari luar negeri (Penanaman Modal Asing, PMA) — SAIC Motor Corporation Ltd, General Motor, serta Guangxi Motor Corporation.

Penempatan batu pertama Wuling di hadiri oleh Dirjen ILMATE I Gusti Putu Suryawirawan, Kepala Bagian Promosi serta Iklim Usaha Dinas Pasar serta Perdagangan Kabupaten Bekasi Titot Suheryanto, Koordinator Pemasaran Investasi BKPM Republik Rakyat Tiongkok Harri Santoso, Presiden PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun, Konselor Bagian Ekonomi serta Niaga Kedubes Republik Rakyat Tiongkok Wang Li Ping, Wakil Presiden PT SGMW Motor Indonesia Yuan Zhijun.

Wuling telah mulai membuat pabrik di Indonesia— Greendland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Bekasi, (Jawa Barat). Pada 20 Agustus 2015, mereka dengan simbolis lakukan pembangunan pertama (ground breaking). Pabrik Wuling yang dibuat dengan investasi 700 juta dolar AS (Rp 9 triliun lebih) ini nanti juga akan menyerap 10 ribu tenaga kerja. Tapi belumlah ada kejelasan, dari jumlah tersebut berapakah tenaga kerja Indonesia yang juga akan terserap. Presiden SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun menyebutkan beberapa besar kelak beberapa pekerja lokal. “Mereka juga akan memperoleh kursus lebih dahulu, ” kata Feiyun.

Hadirnya Wuling juga akan buka peluang penambahan produksi oleh pabrik komponen di Indonesia, beberapa sekali lagi masih tetap dihadirkan dari Tiongkok. Pada step, Wuling juga akan memakai komponen dalam negeri sampai 20 %. Pabrik Wuling di Indonesia juga akan kerjakan 100 % manufaktur.

Wakil Presiden Wuling Motor, Yuan Zhijun menyebutkan Indonesia adalah ekonomi paling besar di Asia Tenggara dengan potensi terbesar juga untuk pasar mobil. Wuling Motor Indonesia ada karna potensi serta kesempatan itu. Menurutnya, perusahaan ini ada di Indonesia dengan maksud perubahan periode panjang serta membuat system supply serta jaringan, system produksi, system service penjualan system service keuangan pada lingkungan investasi yang terbuka.

Di Bekasi, Wuling membuat pabrik diatas tempat seluas 60 hektare— 30 hektare untuk pabrik produksi, 30 hektare untuk pabrik penyuplai komponen. Di Tiongkok, Wuling Motor menghasilkan mobil niaga kecil serta mobil penumpang (multipurpose vehicle, MPV). Mobil Wuling buatan Bekasi nanti telah juga akan meluncur di berjalan-jalan di Indonesia pada 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *